Powered by Andrisetya. Diberdayakan oleh Blogger.
Foto Saya
Kunjungi kampus kami di: Jl. Hayam Wuruk 65 Temanggung 56212 Phone/fax: (0293)4901635
.
Latest News

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

, Posted by SKB Temanggung at 21.31

Salah satu kegiatan PNF diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang diberikan untuk anak usia 0-6 tahun. Adapun program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada jalur pendidikan luar sekolah akan dilaksanakan dalam bentuk kelompok bermain, penitipan anak dan bentuk layanan pendidikan lainnya seperti dukungan pelayanan pendidikan bagi anak dan orang tua/Ibu yang mengikuti kegiatan pada lembaga Bina Keluarga Balita (BKB), Posyandu, Sasana Anak, Taman Balita dan lainnya.

Dalam kelompok bermain khususnya, anak diberi kesempatan sebesar-besarnya untuk mengeksplor bermacam-macam permainan. anak benar-benar merasakan dunianya dengan sempurna, berkesempatan mengembangkan segala aspek kecerdasan yang ada pada dirinya. Dalam kegiatan bermain sebenarnya anak menemukan pembelajaran yang hakiki. Oleh karena itu, jangan ada pemaksaan terhadap anak. Tidak seperti orang dewasa, anak usia dini dalam mengartikan belajar. Mereka tidak selalu harus dengan keadaan yang teratur dan berjangka waktu tertentu. Anak-anak belajar bisa saja sambil berlari-larian atau lewat nyanyian. Melalui lagu dan permainan anak dirangsang mengeksplorasi segala bentuk kecerdasan jamak yang ia miliki, sehingga potensi yang terpendam di dirinya dapat terangkat dengan optimal. Dalam mengoptimalkan hal ini dibentuk pola pembelajaran melalui sentra-sentra permainan. Salah satunya adalah sentra bermain peran (role play). Di sini anak akan berupaya memainkan peran dalam sebuah drama.

Sentra bermain peran ini menurut menjadi satu satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi rasa takut anak. Dalam permainan ini si anak memerankan sosok yang selama ini dianggap menakutkannya. Ketakutan yang bercokol dalam diri si kecil dimanifestasikan melalui cara ini, hingga diharapkan dia tak memiliki rasa takut lagi di kemudian hari. Sebagai contohnya jika anak memiliki rasa takut terhadap dokter. Anak biasanya takut dokter karena pengalamannya pernah disuntik yang ternyata rasanya cukup menyakitkan bagi mereka. Maka tak heran, baru memasuki ruangan dokter atau melihat peralatan sampai mencium “bau” obatnya saja, anak sudah menjerit-jerit atau menangis histeris. Apalagi kalau saat diperiksa dan disuntik. Penyebabnya selain karena punya pengalaman traumatik, bisa jadi ia dulu kenyang ditakut-takuti bakal disuntik dan sebagainya oleh orang tuanya. Disini anak memainkan peran sebagai dokter, sedangkan orang tua atau pengajarnya berpura-pura menjadi pasiennya. Gunakan mainan berbentuk alat-alat yang biasa digunakan dokter, seperti stetoskop. Biarkan anak bereksplorasi dan berimajinasi memerankan dokter yang sedang memeriksa pasien.

Secara tak langsung, anak menjadi tahu bagaimana cara dokter menghadapi pasien-pasien yang takut diperiksa. Semisal dengan cara menenangkannya. Dengan berpura-pura memberikan nasihat kepada pasien bukan tidak mungkin sosok dokter justru menarik minatnya dan malah bercita-cita menjadi dokter.
Bermain peran juga dapat membuat anak pandai berimajinasi karena memerankan sosok yang bukan dirinya. Misalnya, dia mengkhayalkan dirinya menjadi dokter yang menurutnya termasuk sosok menyeramkan. Melalui cara ini, anak belajar berempati pada posisi orang lain. Selain belajar bereksplorasi dan berimajinasi serta meningkatkan kemampuan verbal, dengan bermain peran anak juga diharapkan dapat mengatasi rasa takut dalam dirinya.

Jika sejak kecil anak selalu takut, sementara tak ada dorongan dari orang tua untuk mengatasi rasa takut tersebut, tidak tertutup kemungkinan ketakutannya bisa berkembang menjadi fobia/takut yang berlebihan. Jika tidak diantisipasi, bisa menjadi sesuatu yang menghambat segalanya. Ke mana-mana takut, hingga jiwa anak tersebut juga tak berkembang.
LEMBAGA PAUD BINAAN SKB TEMANGGUNG

KB Tunas Bangsa, Alamat: Jl. Hayam Wuruk 65 Temanggung Telp. (0293) 4901635
Fasilitas: APE Dalam, APE Luar, Mandi Bola, Kolam Renang, Area Ekspresi, Area Lalu lintas.
Pendidik
  • Baruwati, S.Pd
  • Susanti Setyorini, S.Pd
  • Sedih Widiyati

KB Among Siwi, Alamat: Salamsari Kedu. Telp. 08156072822
Pendidik:
  • Iyar Rosliyah
  • Isti Hidayah
  • Kusbandiyah

KB Bina Ria, Alamat: Greges Tembarak Telp. 081328240785.
Pendidik:
  • Rofiatu Sa’adiyah
  • Evi Listiana

Pos PAUD Kartika Sari, Alamat: Purwosari, Kranggan.
Pendidik:
  • Sri Yatinah
  • Sulistiyowati

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar

Mohon untuk tidak mengirimkan komentar yang mengandung unsur SARA