Powered by Andrisetya. Diberdayakan oleh Blogger.
Foto saya
Kunjungi kampus kami di: Jl. Hayam Wuruk 65 Temanggung 56212 Phone/fax: (0293)4901635
.
Latest News

Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

, Posted by SKB Temanggung at 20.23


Taman Bacaan Masyarakat UPTD SKB Kab. Temanggung secara umum adalah salah satu tempat melayani kebutuhan masyarakat akan informasi mengenal ilmu pengetahun dalam bentuk bahan bacaan dan bahan pustaka lainnya Penyelenggaran Taman Bacaan Masyarakat sebagai sumber belajar tidak hanya mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka, tetapi dengan adanya TBM di sekitar Penyelenggaran Program Pendidikan Non Formal di bawah binaan UPTD SKB kabupaten Temanggung diharapkan warga belajar secara lambat laun memiliki kesenangan membaca yang merupakan alat yang Fundamental untuk belajar memperluas pandangan, mendapatkan idi-ide baru, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan dan sikap dan keterampilanya bagi dirinya sendiri maupun berguna bagi orang lain Bon dan Wagner dalam bukunya yang berjudul “Teaching the child to read" menjelaskan sebagai berikut:

Readaing is fundamental aid to learning both in and out of school . Education hava resorted to reading as a major aid achieving the the objectives of education. Reading is a one of the objectives of education because civilzed culture demand lateracy. (Bond and wagner , 1953;24)


Dengan demikian tujuan membaca itu agar warga belajar mampu dan senang membaca. Orang yang senang membaca, terlebih dahulu ia harus mampu membaca dahulu, tetapi orang yang mampu membaca belum tentu senang membaca. Oleh karna itu perlunya pembinaan dan pengembangan minat baca sejak usia dini. Pentingnya

penanaman minat baca sejak usia dini terkait dengan adanya kajian neorology yang menyebutkan bahwa; perkembangan kecerdasan anak terjadi sangat pesat pada tahun – tahun awal kehidupan anak. Sekitar 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak berumur 18 tahun. Hal ini berarti bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi 14 tahun berikutnya.

VISI
Unggul dan prima dalam mendukung program PNF Menuju Terwujudnya masyarakat kabupaten Temanggung yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, demokratis serta memiliki daya saing tinggi pada tahun 2017


MISI

  1. Meningkatkan koordinasi yang sinergi antara TBM UPTD SKB Temanggung dengan intitusi lain dalam Mendukung Program PNF di kab. Temanggung berdasarkan tugas pokok, fungsi, serta peran masing-masing sesuai tugas dan tanggung jawabnya.
  2. Meningkatkan kinerja UPTD SKB Temanggung, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF
    Meningkatkan produktifitas kinerja apratus dan pengelolaan pendidikan di UPTD SKB Temanggung, dalam rangka memberikan pelayanan yang prima terhadap masyarakat dalam bidang PNF.
  3. Meningkatkan mutu program PNF diberbagai jenis jenjang dan satuan pendidikan Dengan perluasan layanan bahan bacaan.

STRATEGI

  1. Mengembangkan TBM Sebagai Unit Pelayanan yang Dapat Memperkuat Proses Pembelajaran Pada Program PNF
  2. Peningkatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik Pengelolaan TBM
  3. Menguatkan kelembagaan melalui singkronisasi dan kordinasi dengan lembaga terkait serta meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam bidang PNF.
  4. Menguatkan system penyelenggaraan Pendidikan Non Formal sesuai kebijkan pusat dan daerah.
  5. Meningkatkan Kualitas dan kuantitas pelayanan pendukung Program PNF.
    Optimalisasi system dan jaringan informasi yang tersedia .baik data dasar,wadah koordinasi bagi para stakholders agar memahami kegiatan dan keunggulan program PNF yang berorientasi pada pengembangan potensi local.

TUJUAN TBM

  1. Menyediakan bahan bacaan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat.
  2. Memotivasi dan memupuk minat masyarakat untuk gemar membaca.
  3. Mengembangkan sikap positif masyarakat terhadap kehidupan beragamnya , berkeluaraganya, dan bermasyarakat dilingkungannya.
    Memelihara dan meningkatkan kemapuan baca, tulis, hitung hitung, berbahasa indonesia dan pendidikan dasar yang telah dimiliki warga belajar.

FUNGSI TBM

  1. Sebagai sumber informasi tentang ilmu pengetahuan dan tempat atau media belajar bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kehidupanya(edukatif).
  2. Pusat InformasiMendukung warga belajar dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan pada program PNF
  3. Tempat rekreasi baik melalui bahan bacaan (fiksi) maupun Kenyamanan Tempat TBM

MANFAAT TBM

  1. Dapat membuka akses dan membuka peluang warga belajar dengan orang lain dalam memperoleh sumber-sumber.
  2. Dapat menambah kepercayaan warga belajar untuk dapat berpartisifasi dalampembangunan dan kegiatan -kegiatan yang ada didaerahnya.
  3. Warga belajar mampu menggunakan pengetahuan dan pengalamannya dalam menilai sesuatu serta meningkatkan sosial ekonominya.


Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar

Mohon untuk tidak mengirimkan komentar yang mengandung unsur SARA